Sabtu, 05 Juli 2014

TITIK TEKAN POSDAYA KELOMPOK 49

  • Peningkatan Mentalitas, Motivasi dan Budaya Usahawan
Disampaikan dalam bentuk materi atau pelatihan. Hal ini merupakan materi yang bersifat fundamental, yang tertujuan untuk membangun mind set positif pada setiap peserta khususnya motivasi yang berkaitan dengan keinginan bekerja lebih baik, membuat produk yang berkualitas semakin tinggi, membangun iklim kerja/ berusaha yang harmonis, membangun etos kerja yang tinggi, bekerjasama untuk saling menguntungkan, berpikir kritis dan kreatif, menghormati etika saat bersosialisasi, yang tentunya akan menjadi dasar untuk meningkatkan pertumbuhan bidang usahan pengolahan Ikan yang dilakukan.
  • Peningkatan Manajemen Usaha dan Pengelolaan Tim Kerja
Merupakan materi dan praktek yang memberikan wawasan tentang seperti apa seharusnya sebuah perusahaan dibidang perikanan di dirikan, bagaimana cara mengurus legalitas usaha, rencana kerja dan program yang perlu dilakukan sehingga nantinya bisa mendukung produk yang dihasilkan dan mampu menembus pasar yang lebih luas dan global.
  • Peningkatan Manajemen Mutu Produk Olahan Ikan
Bagian ini merupakan materi dan pendampingan yang lebih mengarah pada manajemen bagaimana yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk olahan ikan dengan kualitas yang baik sesuai CPPOB dan GMP. Penguasaan untuk mampu membuat produk bermutu baik ini, harus dimulai dari pemahaman tentang pengaruh perencanaan bahan baku dan bahan penolong, pemilihan teknologi, mesin dan bagaimana perawatannya serta prosedur-prosedur baku yang harus dilakukan oleh semua elemen produksi.
  • Peningkatan Desain Kemasan Produk Olahan Ikan
Dalam kancah persaingan ekonomi global, tak hanya kualitas dan kuatnya jaringan pemasaran saja yang diperlukan. Packaging atau kemasan produk yang mampu menarik minat pembeli pun menjadi satu syarat yang musti dipenuhi. Tak terkecuali bagi industri kecil dan menengah (IKM). Sayangnya, kesadaran untuk menonjolkan kemasan yang inovatif belum menjadi prioritas bagi kelompok usaha tersebut. Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Ikan Lele.

  • Peningkatan Kreativitas dan Inovasi Produk serta strategi pemasaran
Kemampuan kreativitas manusia merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menciptakan kemajuan-kemajuan tertentu khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan yang cenderung semakin meningkat atau permasalahan-permasalahan yang sedang mereka hadapi. Kemampuan kreatif ini pada dasarnya akan berkembang jika para pengelola mau mengubah mind set-nya dari hanya puas sebagai pembuat/“tukang” produksi semata menjadi seorang entrepreneur, yang biasanya akan lebih sering berhadapan dengan beragam permasalahan, peluang dan resiko ketika mengelola usahanya. Berpikir kreatif secara umum merupakan sebuah kemampuan yang digunakan untuk mencari alternatif solusi, mencari peluang lain, dan menemukan strategi yang tepat ketika harus menghadapi sebuah kondisi tertentu. Untuk itu kemampuan untuk menggunakan daya kreatif ini harus terus dipupuk agar semakin peka dan responsif untuk memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan industrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar