- Peningkatan Mentalitas, Motivasi dan Budaya Usahawan
Disampaikan
dalam bentuk materi atau pelatihan. Hal ini merupakan materi yang bersifat fundamental, yang tertujuan
untuk membangun mind set positif pada setiap peserta khususnya motivasi yang berkaitan dengan keinginan bekerja
lebih baik, membuat produk yang
berkualitas semakin tinggi,
membangun iklim kerja/ berusaha yang harmonis, membangun etos kerja yang
tinggi, bekerjasama untuk saling menguntungkan, berpikir kritis dan kreatif,
menghormati etika saat bersosialisasi, yang tentunya akan menjadi dasar untuk
meningkatkan pertumbuhan bidang usahan pengolahan Ikan yang
dilakukan.
- Peningkatan Manajemen Usaha dan Pengelolaan Tim Kerja
Merupakan materi
dan praktek yang memberikan wawasan tentang seperti apa seharusnya sebuah
perusahaan dibidang perikanan di dirikan, bagaimana cara mengurus legalitas
usaha, rencana kerja dan program yang perlu dilakukan sehingga nantinya bisa
mendukung produk yang dihasilkan dan mampu menembus pasar yang lebih luas dan
global.
- Peningkatan Manajemen Mutu Produk Olahan Ikan
Bagian ini
merupakan materi dan pendampingan yang lebih mengarah pada manajemen bagaimana yang harus dilakukan
untuk menghasilkan produk olahan
ikan dengan kualitas yang baik
sesuai CPPOB dan GMP. Penguasaan
untuk mampu membuat produk bermutu baik ini, harus dimulai dari pemahaman
tentang pengaruh perencanaan bahan baku dan bahan
penolong, pemilihan teknologi, mesin dan bagaimana perawatannya serta
prosedur-prosedur baku yang harus dilakukan oleh semua elemen produksi.
- Peningkatan Desain Kemasan Produk Olahan Ikan
Dalam kancah persaingan ekonomi global, tak hanya
kualitas dan kuatnya jaringan pemasaran saja yang diperlukan. Packaging
atau kemasan produk yang mampu menarik minat pembeli pun menjadi satu syarat
yang musti dipenuhi. Tak terkecuali bagi industri kecil dan menengah (IKM). Sayangnya, kesadaran untuk menonjolkan kemasan yang
inovatif belum menjadi prioritas bagi kelompok usaha tersebut. Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Ikan Lele.
- Peningkatan Kreativitas dan Inovasi Produk serta strategi pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar